BAMBU BUNTU

Rabu, 20 Februari 2013

PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO



PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO

ALAT DAN BAHAN
-    Air kelapa
-    Gula pasir
-    Asam cuka (asam asetat)
-    Wadah fermentasi
-    Starter atau biakan bakteri Acetobacter xylinum
-    Panci untuk memasak

CARA PEMBUATAN

1.    Saringlah air kelapa untuk memisahkan kotoran dan serat.Pastikan kandungan air kelapa  benar-benarbersih dari serat-serat kelapa.

2.    Masukkan air kelapa kedalam panci. Didihkan air kelapa tersebut setelah mendidih, tuangkan gula pasir.

3.    Matikan api dan dinginkan. Taruhlah air kelapa tersebut kedalam wadah untuk proses fermentasi yang telah  steril. Setelahdingin, tambahkan asam asetat (asam cuka).

4.    Tahap pselanjutnya adalah tahap inokulasi yaitu suatu proses pemindahan bibit atau biakan bakteri dari medium lama ke medium baru. Pindahkan starter atau biakan bakteri Acetobacterxylinum dari media biakan ke  wadah fermentasi berisi air kelapa yang telah didihkan, diberi gula dan asam cuka.

5.    Tutuplah wadah fermentasi dan peram selama 7 sampai 14 hari. Pastikan media peram tertutup dan tidak mengalami goncangan.Pastikan kesterilan wadah peram dan penutupnya.

6.    Ketika masa panen nata tiba, nata harus dicuci, direbus atau direndam terlebih dahulu untuk menghilangkan asam. Jika dilakukan dengan cara direndam, rendamlah dalam air selama 3 hari dan pastikan untuk mengganti air rendaman setiap hari.

7.    Setelah itu, nata dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Kemudian lakukan perebusan nata kembali.

8.    Tahap akhir pembuatan nata de coco yaitu dengan merendam nata yang telah direbus kedalam larutan gula dengan presentase 40% selama 30 menit sampai 45 menit. Nata siap disantap.

MANFAAT NATA DE COCO:

1.Campuran minuman kaleng atau jus buah
2.Campuran kolak
3.Untuk  membuat soup buah
4.Untuk membuat manisan buah
5.Untuk membuat manisan kaleng








Tidak ada komentar: