BAMBU BUNTU

Rabu, 20 Februari 2013

BIOTEKNOLOGI PEMBUATAN TUAK



Tuak atau juga disebut arak di Nusantara adalah sejenis minuman  yang mengandung alkohol (etanol) yang berkadar rendah, harus banyak diminum supaya bisa mencapai efek yang bisa diharapkan bila dibandingkan dengan minuman alkohol lainnya seperti bir dan anggur.

Sebagai bagian dari alkohol, tuak adalah minuman psikoaktif yang diklasifikasikan sebagai minuman yang membuat tenang (depressant), yang berarti bahwa minuman ini akan menekan berbagai kegiatan dari system saraf sentral para peminumnya. Pada mulanya, tuak ini nampaknya bekerja sebagai pembuat stimulasi (stimulant) karena hal ini mengurangi rintangan-rintangan dalam saraf tetapi kemudian hal ini menekan banyak reaksi fisiologis dan psikologis.


FERMENTASI  TUAK
Tuak adalah minuman yang merupakan hasil fermentasi dari bahan minuman atau buah yang mengandung gula.
2.             Bahan Baku Tuak
v   Beras
v   Nira kelapa
v   Nira aren
v   Legen dari pohon siwalan
v   Legen dari pohon tal
1.             Mikroorganisme yang Berperandalam Pembuatan Tuak

v   Saccharomyces cerevisiae
v   Zimomonas mobilis
 







Cara Pembuatan Tuak

Tuak dibuat dengan cara fermentasi dari buah yang mengandung gula, adapun proses pembuatan tuak adalah sebagai berikut :

Mengambil air nira atau legen yang terdapat pada buah atau tumbuhan yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan tuak, seperti : beras, kelapa, aren, siwalan tal, dll
Menyimpan air nira atau legen kedalam sebuah wadah tertutup ( botol berukuran besar) dengan suhu yang sesuai ( suhu ruang )

Diamkan air nira dalam beberapa hari sehingga molekul organik dalam air nira atau legen dapat mengalami perombakan menjadi bahan antara, yang dalam hal ini dibentu oleh mikroorganisme seperti Saccharomyces cerevisiae dan Zimomonas mobilis (fermentasi).
Setelah proses fermentasi berhasil maka air nira akan berubah menjadi minuman beralkohol yang disebut dengan tuak.



MANFAAT  TUAK
Menyehatkan
Tuak berkhasiat menyehatkan badan karena mengandung efek menghangatkan tubuh. Tuak termasuk sumber vitamin, sama seperti buah apel. Dengan demikian tuak juga memberi kekuatan dan bila cuaca dingin, tuak akan menghangatkan.
Obat Penenang
Tuak juga menjadi semacam obat penenang. Bila sulit tidur, tuak akan membuat gampang tidur. Tuak sering dianggap sebagai obat termasuk obat untuk orang-orang yang kurang merasa enak badannya.
Alat sosialisasi
Tuak adalah minuman yang diterima umum sebagai minuman yang menghangatkan grup, pesta bahkan peserta sermon. Tuak membuat sosialisasi di kedai menarik dan menghibur. Para peminum yang berkumpul seringkali mengekspressikan diri dengan ngobrol-ngobrol, main judi, nyanyi-nyanyi dan sekali-sekali bertengkar dengan teman sekedai.
Obat stress
Sebagian menggunakan tuak itu sebagai obat stress. Masalah yang terjadi di dalam pekerjaan, di dalam hubungan interpersonal di rumah tangga sering diatasi dengan tuak. Stress membuat mereka susah, tetapi dengan minum tuak, masalah itu bisa dilupakan dan perasaan menjadi enak.
Ritus kedewasaan
 Dalam beberapa budaya di luar negeri, minum banyak alcohol merupakan ritus untuk menuju kedewasaan. Artinya kalau si pemuda telah sanggup minum banyak alcohol, dia sudah bisa diterima sebagai orang dewasa. Di daerah ini, minum tuak juga tanda bahwa dia sudah termasuk orang yang dewasa.

DAMPAK  NEGATIF  DARI  TUAK

Tuak akan mengganggu sistem syaraf, semakin banyak diminum maka orang tersebut akan secara serius mengalami gangguan koordinasi gerak tubuh, kemampuan pikiran, membuat keputusan dan bicara. Bila semakin banyak, alcohol bisa membuat pingsan, koma dan kematian
Gangguan ekonomi, selain ketidakharmonisan, keluarga alkoholik cenderung makin miskin. Banyak uang habis hanya untuk memenuhi kebutuhan minum apalagi kalau orangnya tidak berusaha lagi menambah matapencaharian tetapi justru menghabiskan untuk diri sendiri
Tindak kriminal, karena adanya gangguan dalam ekonomi sehingga peminum akan melakukan segala cara untuk mendapatkan uang agar kebutuhan minumnya terpenuhi. Seperti melaukan tindakan pencurian, kekerasan, dan pembunuhan.
Gangguan social, Orang yang yang sudah minum tuak, tidak terlalu peduli dengan ide-ide kesuksesan dan isu-isu perkembangan. Mereka terfocus pada minuman. Mereka ini sering kali membuat keributan di kampung atau di tempat mereka mabuk.

DAERAH  PENGHASIL  TUAK

Bali yang dikenal juga dengan nama brem bali, dikenal mengandung alkohol yang kadarnya cukup tinggi.

Pulau Madura dahulu dikenal sebagai sebagai penghasil tuak, namun orang Madura tidak mempunyai kebiasaan minum yang kuat.
Saat ini dapat dikatakan sangat sedikit orang Madura yang minum tuak atau arak.

Tapanuli (Sumatera Utara). Umumnya tuak di daerah Sumatera Utara terbuat dari tanaman/pohon aren atau kelapa.

1 komentar:

obat keputihan herbal mengatakan...

thanks infox gan