BAMBU BUNTU

Kamis, 08 November 2012

POLA HIDUP SEHAT


POLA HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang memengaruhi kesehatan, antara lain makanan dan olahraga. 
Beberapa gaya hidup yang dapat merusak kesehatan Anda: Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tidak harus dengan pola hidup yang serba mahal. Semua dapat diperoleh dengan mudah dan murah. 
Hidup sehat harus diawali dengan perubahan yang kecil terlebih dahulu.
Pengertian gaya hidup Pengertian Gaya Hidup – Gaya hidup menurut Kotler (2002, p. 192) adalah pola hidup seseorang di dunia yang iekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Secara umum dapat diartikan sebagai suatu gaya hidup yang dikenali dengan bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas), apa yang penting orang pertimbangkan pada lingkungan (minat), dan apa yang orang pikirkan tentang diri sendiri dan dunia di sekitar (opini). Selain itu, gaya hidup menurut Suratno dan Rismiati (2001, p. 174) adalah pola hidup seseorang dalam dunia kehidupan sehari-hari yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapat yang bersangkutan. Gaya hidup mencerminkan keseluruhan pribadi yang berinteraksi dengan lingkungan.
Dari berbagai di atas dapat disimpulkan bahwa gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapatnya dalam membelanjakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu. Psikografik adalah pengukuran kuantitatifgaya hidup, kepribadian dan demografik konsumen. Psikografik memuat beberapa pernyataan yang menggambarkan kegiatan, minat dan pendapat konsumen. 3. Studi yang menggunakan kepribadian ciri sebagai faktor yang menjelaskan, menganalisis kaitan beberapa variabel dengan kepribadian ciri, misalnya kepribadian ciri yang mana yang sangat terkait dengan konsumen yang sangat memperhatikan masalah lingkungan. Orang-orang yang berasal dari sub-budaya, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama dapat memiliki gaya hidup yang berbeda. Gaya hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi dengan lingkungannya. Dengan demikian, pemasar dapat dengan lebih jelas mengarahkan mereknya ke gaya hidup orang yang berprestasi. Tentu Anda akan bertanya-tanya, mungkinkah seseorang yang menderita penyakit kronis dapat hidup dengan sehat? Gaya hidup yang sehat, menuntut perhatian terhadap tubuh, pikiran dan jiwa.

Hidup yang sehat dan berkualitas tidak dapat tercapai begitu saja melainkan harus dilatih setiap hari. Oleh karena itu, harus ada perencanaan yang matang dan seimbang dengan memperhatikan sudut positip dan realitas potensi Anda. Pikiran yang Sehat Sikap, perasaan, dan pikiran mempengaruhi kesehatan seseorang. Pikiran yang berorientasi pada kesehatan adalah yang melihat dunia secara positif. Oleh karena itu, untuk hidup yang baik dengan Lupus, fokuskan diri Anda pada kemampuan, bukan pada kekurangan Anda. Sikap, pikiran dan perasaan anda adalah milik Anda 100 persen, yang dapat diubah dan diarahkan ke hal-hal yang positif. Anda dapat memutuskan untuk mengambil sikap dan langkah-langkah baru yang sesuai. Hidup Anda adalah pilihan Anda.Tubuh yang Sehat Agar dapat berfungsi, tubuh manusia membutuhkan kesegaran jasmani dan makanan bergizi serta pengelolaan stress yang efektif.  Sakit persendian, letih yang berlebihan dan lemah otot sering terjadi pada Odapus yang akan menyebabkan ketidakaktifan fisik
Adapun hal yang harus di lakukan untuk mendapatkan pola hidup sehat yaitu:

Makan sehat  
Makan sehat memang secara dramatis berdampak pada kehidupan Anda. Menurut banyak penelitian dilakukan di banyak tempat di seluruh dunia, asupan junk food terus menerus tidak hanya akan meningkatkan kolesterol dan kadar lemak ke tingkat ambang batas kesehatan lebih yang akan menuntun Anda untuk obesitas, tetapi juga pada akhirnya membawa Anda ke gaya hidup kemalasan dan kecerobohan. Untuk makan sehat, cobalah untuk mengikuti petunjuk yang akan membawa Anda naik beberapa langkah pertama pada tangga nutrisi yang tepat:
·         . Makan 3 kali sehari.
·         . Makan terakhir (makan malam atau makan malam) harus diambil minimal 3 jam sebelum Anda pergi tidur.
·         Makanlah buah sebagai bagian dari makanan Anda, tetapi setelah 1 jam dari program utama - tidak untuk mengasapi perut Anda.
·         Hindari permen banyak dan coklat. Meskipun sebagian cokelat per hari (0,5 ons atau lebih) dikatakan baik untuk kesehatan seseorang.
·         Minum setidaknya 1,5 hingga 2 liter air (bukan jus, kopi cairan lainnya) per hari - ini akan membantu ginjal berfungsi dengan baik dan memperpanjang aktivitas mereka (dan karenanya hidup Anda)
·         Praktek Olahraga 
Berjalan selama minimal 30 menit sehari dapat membantu mengatur sirkulasi darah dan kesehatan umum. Cobalah untuk menghindari berjalan atau berlatih olahraga tepat setelah makan karena hal ini menghambat proses pencernaan, mengurangi secara besar-besaran manfaat olahraga serta penyebab sendi dan / atau nyeri jahitan

A.Pola Hidup Sehat Secara Jasmani

Pola meliputi cara, aturan dan hal yang harus dilaksanakan seseorang dalam rangka mencapai sebuah tujuan. Untuk dapat hidup sehat secara jasmani, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menilik secara fisik bagian dari tubuh Anda yang berkontribusi menyumbang masalah penyakit. Tahukah Anda perut merupakan sumber dari berbagai penyakit?
Perut berawal dari mulut, dan mulut akan terpulang pada pola makan dan kebiasaan Anda memakan makanan. Pola untuk meraih kesehatan jasmani yang pertama adalah dengan mengatur pola makan Anda. Atur dan kontrollah makanan-makanan yang masuk ke dalam mulut Anda. Jangan sembarangan dan jangan berlebihan. Sembarangan artinya Anda harus selektif dengan makanan-makanan berbahaya yang mengandung zat aditif berlebihan.
Tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi suatu makanan. Apapun makanan yang Anda konsumsi, meski tadinya adalah makanan sehat dan bergizi, jika Anda makan dalam jumlah yang berlebihan niscaya akan menimbulkan dampak dan pengaruh buruk bagi tubuh.



A.             Pola hidup sehat dengan latihan-latihan Olahraga Sederhana yang Menyehatkan dan Bisa Membentuk Tubuh

Bentuk-bentuk Olahraga seperti ini sangatlah sederhana, tidak membutuhkan tempat khusus maupun alat-alat olahraga yang mahal, tetapi sangat bermanfaat bagi tubuh. Jika dilakukan secara rutin, olahraga-olahraga ini bisa membentuk tubuh dan menyehatkan tubuh kita. Olahraga-olahraga itu mencakupi :

1. Push Up
Push up adalah olahraga menahan tubuh atau badan menggunakan tangan.
Olahraga ini memperkuat lengan dan stamina para olahragawan untuk kuat dalam menghadapi olahraga yang membutuhkan tangan.
Jika kita sering melatih otot lengan dengan push up, kita bisa memperkuat lengan kita. Bahkan kita bisa mengangkat tubuh kita sendiri.
Push up sangat praktis dan bisa dilakukan dimana saja, seperti di lapangan dan kamar. Olahraga ini hanya membutuhkan ruangan sebesar badan kita.

2. Sit Up
Sit up adalah olahraga untuk memperkuat perut kita, dan bisa juga mengecilkan perut. dengan latihan ini kita akan mempunya perut dan pernapasan yang bagus .karena dengan latihan ini secara tidak langsung kita juga mengatur pernapasan kita.




3. Lari
Lari didefinisikan sebagai cara tercepat bagi hewan dan manusia untuk bergerak dengan kaki. Lari didefinisikan dalam istilah olahraga sebagai gerakan tubuh (gait) di mana pada suatu saat semua kaki tidak menginjak tanah. Lari adalah salah satu bentuk latihan aerobik dan latihan anaerobik.
dengan olahraga lari ini kita bisa memperkuat daya tahan, pernapasan, bahkan betis dan paha. Lari cocok bagi kita yang mempunyai hobi yang membutuhkan kekuatan kaki. Dengan lari kita bisa menghilangkan penyakit kecil yang disebabkan oleh kemalasan.

4. Pull Up
Pull up adalah olahraga mengankat beban tubuh, Olah raga ini seperti push up karena memperkuat tangan kita, bahkan dengan cepat bisa memperkuat otot lengan kita. Pull up adalah salah satu olahraga sederhana yang bisa menyebabkan kita mengeluarkan banyak keringat dan cukup melelahkan, tetapi dengan hasil yang bermanfaat.

5. Squat Jump (skotjam)
Squat jump adalah olah raga untuk memperkuat kaki dan paha.
seperti lari, skot jump memperkuat kaki dan paha, tapi squat jump lebih melelahkan dibanding kan lari, karena squat jump adalah kegiatan menahan tubuh kita dan melemparkan tubuh kita (loncat) dengan tenaga yang kita miliki. Jadi squat jump juga bisa memperkuat tubuh dan menambah energi yang kita miliki.
Untuk bisa membentuk dan menguatkan badan, disarankan sering latihan dengan lima kegiatan ini. Contohnya dalam satu hari kita melakukan masing-masing 50 push up, sit up, dan squat jump, 10 pull up, dan lari selama 15 menit.




 B .Makanan sehat

1. Makanan Pokok
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi 
tubuh kita sehingga tubuh mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum/tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
2. Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
3. Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
4. Buah
Mirip dengan sayur mayur, 
buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
5. Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah 
makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.
                    
C. Daya tahan tubuh manusia
Berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga kekebalan tubuh kita agar tetap fit :
1.        Tidur Yang Cukup
Sesibuk apapun aktifitas yang kamu miliki, usahakan untuk selalu tidur cukup setiap harinya. Agar tidur anda maksimal maka di anjurkan untuk tidur minimal 8 jam. Dengan istirahat yang cukup, maka tubuh kamu akan selalu prima, dan daya tahan tubuh pun akan tetap fit.
2.      Vitamin Tambahan
Konsumsilah vitamin setiap harinya, tetapi lebih baik jika dalam mengkonsumsi vitamin mengikuti petunjuk dokter.
3.      Makanan Cukup Bergizi
Makanan Bergizi selalu dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, berikanlah asupan gizi yang cukup untuk tubuh, makanlah makanan yang bergizi. Makanan yang memiliki nilai gizi baik adalah makanan empat sehat lima sempurna.

4.      Rajinlah Berolahrag
Para ahli juga menganjurkan agar kita selalu rutin berolahraga. Dengan berolahraga kemampuan fisik akan menjadi lebih baik, daya tahan tubuh pun otomatis akan lebih baik pula. Setiap kali berolahraga, usahakan agar berkeringat, tetapi jangan terlalu dipaksakan.
Pelopor senam aerobik adalah Dr. Kenneth Cooper tahun 1960 yaitu konsep ritme musik dan gerakan yang teratur, sehingga tubuh dapat memompa oksigen dan meningkatkan denyut jantung. Aerobik adalah kegiatan atau gerak badan yang menuntut lebih banyak
oksigen untuk memperpanjang waktu dan memaksa tubuh untuk memperbaiki sistimnya.
Senam irama disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Alat yang sering digunakan dalam senam irama yaitu gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan lain-lain. Senam ini untuk menyalurkan nilai seni atau rasa keindahan, membina dan meningkatkan seni gerak. Yang ditekankan dalam senam irama, yaitu irama, kelentukan tubuh, dan kontinuitas gerakan.
Menurut Jackie Sorensens (Amerika Serikat): senam aerobik atau senam kesegaran jasmani adalah suatu program kesegaran jasmani yang lengkap, meliputi latihan dan kegembiraan dengan mengekspresikan segala perasaan dengan tertawa, melompat, menendang, jogging, meregang, bergoyang dengan mengombinasikan gerakan dansa atau gerakan tarian tradisional, tari rakyat, tari kontemporer.
Ruang Lingkup Senam Aerobik
.Macam Senam aerobik
Macam-macam senam aerobik menurut cara melakukan dan musik sebagai pengiringnya dibedakan ada lima:
1. .High impact aerobics (senam aerobik gerakan keras)
2. .Low impact aerobics (senam aerobik gerakan ringan)
3. .Discorobic (kombinasi antara gerakan aerobic gerakan keras, ringan dan disco)
4. .Rokrobic (kombinasi gerakan aerobic keras, ringan dan gerakan rock n’roll)
5. .Aerobic sport (kombinasi antara gerakan aerobic keras, ringan dan gerakan kelentukan)
 .Manfaat senam aerobic:
1. .Dapat membakar lemak yang berlebihan di tubuh, meninkatkan daya tahan jantung dan paru, serta memperbaiki penampilan, mengguatkan, mengencangkan dan membentuk otot bagian tubuh,yaitu pinggul, paha, pinggang, perut, dada, punggung, lengan dan kaki.
2. .Program penurunan berat badan
3. .Meningkatkan nafsu makan
4. .Mencegah penyakit yang menyerang tubuh
5. .Meningkatkan kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, daya tahan dan sanggup melakukan kegiatan lainnya.
 .Takaran LatihanØ
Agar dapat meningkatkan kesegaran jasmani latihan dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup, yaitu
1. .Intensitas latihan dapat dilihat dari denyut nadi, apabila usia 40 tahun ke atas denyut nadi awal 125/menit, maka denyut nadi akhir tidak boleh lebih dari 153/menit setelah latihan. Untuk usia 15-17 tahun denyut nadi awal 143/menit, maka denyut nadi tidak boleh lebih dari 174/menit setelah latihan.
2. .Lamanya latihan : minimal 15 menit
3. .Frekuensi latihan : 3 hari dalam 1 minggu/ 5 hari/minnggu
 .Gejala fisik selama latihan:Ø
1. .sesak nafas karena pemanasan kurang
2. .mual dan muntah, kunang-kunang, berdebar karena takaran latihan terlalu tinggi
3. .sukar tidur karena latihan kurang dari 3 jam waktu tidur.
 .Tahap-tahap melakukan senam :Ø
1. .pemanasan 10 menit
2. .latihan inti 15-20 menit
3. .pendinginan/pelemasan 5 menit

C. .Gerakan Senam Aerobik
Latihan-latihan senam aerobic terdiri dari hal-hal berikut ini:
1. .Latihan jalan di tempat
2. .Latihan lari di tempat atau keliling
3. .Latihan Lompat-lompat bervariasi
4. .Latihan ayunanlengan
Karakter senam aerobic menggunakan susunan sebagai berikut”
1. .Latihan Pemanasan (fase warming up)
Gerakan pemanasan sangat penting sebelum kita melakukan gerakan inti,akan tetapi terkadang banyak orang yang melailaikan, hingga mengakibatkan otot sakit (cidera), frustasi ataupun tegang.
Pemanasan mempunyai 2 tujuan penting, yaitu:
a ..Menarik dan memanaskan otot-otot anggota tubuh
b ..Menyiapkan denyut jantung, hingga tubuh dapat bergerak secara berangsur-angsur untuk mendapat denyut jantung yang lebih tinggi dalam fase aerobik (inti).
Umumnya pemanasan harus terdiri dari latihan ringan untuk 3-5 menit, jangan sampai melakukan latingan yang berat, karena akan memerlukan banyak oksigen. Justru dengan latihan yang barat akan membutuhkan oksigen yang banyak sehingga akan menyebabkan keletihan ketika memulai fase aerobik (inti).
2. .Latihan inti (fase aerobic), yang terdiri atas:
a .. Pelemasan, penguatan, pelepasan
b .. Keseimbangan
c .. Ketangkasan
d .. Keterampilan
e .. Kelincahan
f .. Jalan, lari
g .. Lompat, loncat
h .. Kombinasi
Fase ini merupakan inti dari gerakan senam. Kegiatan senam irama harus dilakukan dengan teratur sesuai jadwal. Model gerakan pada fase ini adalah gerakan yang ringan dengan gerakan pelan tanpa gerakan yangkuat. Umumnya dalam fase ini gerakannya diulang 2-5 kali ulangan.
3. .Latihan pendinginan (fase colling down)
Fase ketiga dari aktivitas senam disebut fase pendinginan atau ‘cooling down’ yang memerlukan sedikitnya waktu 5 menit. Pada fase ini harus tetap bergerak, tetapi cukup pelan untuk membeiarkan detak jantung menurun secara berangsur-angsur. Hal terpenting pada akhir latihan senam irama ialah perlunya untuk tetap bergerak agar darah dapat dipompakan dari sekitar kaki menuju pusat sistem peradarah darah. Jika tidak dilakukan bisa menyebabkan pusing atau sedikit sakit kepala atau bahkan bisa pingsan.

2 komentar:

david rempak mengatakan...

bagi yg mau cari tugas sekolahnya...cari di blog nih ja yee... di jamn lengkap..

david rempak mengatakan...

mmm