BAMBU BUNTU

Selasa, 06 November 2012

contoh proposal


DALAM RANGKA PERINGATAN HUT RI KE-67

       I.            DASAR PEMIKIRAN
Enam puluh tujuh tahun yang lalu, Indonesia belum semerdeka dan semaju sekarang ini. Selama lebih dari 250 tahun sebelum 1945, hampir seluruh wilayah di Indonesia dikuasai oleh Kolonial Belanda, Inggris, dan Jepang. Belanda dan Jepang sangat berambisi menguasai Indonesia karena kekayaan alamnya yang berlimpah ruah, sedangkan rakyatnya masih sangat terbelakang sehingga kekayaan alam itu belum dimanfaatkan. Pada zaman penjajahan, Rakyat Indonesia benar-benar berada pada posisi yang sulit, terjepit, dan terjajah di tanah sendiri. Jika kita baca kembali buku-buku dan arsip sejarah, maka akan terlihat bagaimana rakyat Indonesia menjadi budak di negeri sendiri.

Kondisi terjajah yang terus menerus dialami rakyat Indonesia, justru melahirkan para pahlawan yang berjiwa patriotis dan siap membela tanah air. Kita mengenal banyak Pahlawan Nasional yang begitu gagah berani melawan penjajah meskipun hanya berbekal bambu runcing. Perjuangan mereka telah memberikan kontribusi yang besar terhadap kemerdekaan Indonesia yang sekarang ini kita nikmati bersama.
Merdeka, memang satu kata yang dapat diartikan bebas tanpa kekangan pihak lain. Namun setelah status merdeka itu kini kita sandang selama 63 tahun, apakah bangsa ini sudah benar-benar merdeka?. Pertanyaan ini tentu bisa kita jawab dengan menilik diri kita, sekeliling kita, dan seluruh negeri ini. Ada berbagai tanda yang memerlihatkan bahwa Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Misalnya masalah kemiskinan, perpecahan berbasis SARA, pendidikan yang tidak terjangkau, bobroknya mental bangsa, hingga banyaknya pos bisnis strategis yang masih dikuasai asing. Jika kita mau membaca keadaan negeri kita, sesungguhnya kita belum benar-benar merdeka.

Oleh karena itu, kondisi terjajah seperti ini perlu kita sadari dan solusikan bersama. Sebagai rakyat kecil, kita bisa memberi kontribusi dengan menjaga kerukunan antar ras, suku, agama, dan golongan. Dengan bersatunya rakyat indonesia, didukung dengan pemimpin dan wakil rakyat yang jujur dan adil, maka kemerdekaan yang sesungguhnya bukan hal yang mustahil.
Berangkat dari keinginan untuk mempererat persatuan bangsa tersebut, kami selaku sub panita HUT RI ke-66 PGRI Kecamatan Bojongsari dan Desa Bojongsari ingin memulainya dari lingkup terkecil. Bersamaan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 66. Sub Panitia HUT RI bermaksud mengadakan kegiatan Jalan Sehat. Gambaran mengenai kegiatan tersebut akan kami paparkan dalam proposal singkat ini.

     II.            MAKSUD DAN TUJUAN
  1. Maksud Kegiatan
Adapun maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME dan kegembiraan dalam menyambut Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 67 pada tanggal 17 Agustus 20012.
Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan diadakannya acara ini :
  1. Mempererat tali silaturahmi antar siswa SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, Tenaga Pendidik dan Non kependidikan, pegawai kantor Dinas, dan masyarakat umum
  2. Membangkitkan semangat juang pahlawan yang dengan gigih memgusir penjajah.
  3. Memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global.

 III.            KEGIATAAN DAN TEMA KEGIATAN
          Kegiatan ini merupakan kegiatan olahraga dan seni yang diselenggarakan dengan kegiatan Jalan Sehat dengan tema “ Kembangkan kreativitas , semangat Olahraga dan Solidaritas  “

 IV.            SASARAN DAN TARGET KEGIATAN
Sasaran pada kegiatan ini yaitu siswa SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, Tenaga Pendidik dan Non kependidikan, pegawai kantor Dinas, dan masyarakat umum. Adapun target kegiatan ini yaitu diharapkan agar setelah kagiatan ini berlangsung para peserta  dapat terus mengembangkan kreativitasnya, semangat juang serta rasa nasionalisme yang semakin tinggi.

    V.            WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan Jalan Sehat ini akan dilaksanakan pada:
Hari/tanggal                 :      Kamis, 12 Juli 2012
Waktu                         :      Pukul 07.00 – selesai
Tempat (Start/Finish)   :       Lapangan Tugu
Rute                        :      Lapangan Tugu – Raja Kecik – Pasar Jongkok – Suak Lanjut –   Polsek Tambang  –  Lapangan Tugu
Hiburan                      : -     Band SMAN 1 Tambang dan SMK  Mondar Mandir
-          Organ Tunggal UPTD Meskom dan Damon
Door Prize                    :     Sebuah sepeda motor “KAPTUL KENCANG” yang dipersembahkan oleh PT.Sirceheh

2 komentar:

Unknown mengatakan...

tolong komentarnya ya... sobat semua... untuk bisa menjadi pembelajaran...

Unknown mengatakan...

ya....ya...ya..