Analisis
Roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karangan Hamka
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya bagi penulis sehingga berhasil menyelesaikan makalah ini tentang ”Analisis Unsur Intrinsik Roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya: Hamka”. Penulis membuat makalah ini sebagai pengganti Ujian Akhir Semester 4.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada dosen pengampu mata kuliah ”Apresiasi Sastra” Bapak Jamal D. Rahman yang telah memberikan pengajaran kepada kami mengenai apresiasi sastra selama satu semester ini.
Akhirnya penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, hal ini dari segi
penyusunan maupun dari segi materi. Oleh karena itu, dengan rasa rendah hati
dan hormat penulis menerima setiap kritik dan saran yang bersifat membangun
yang dapat memperbaiki dan menyempurnakan makalah ini.
Ciputat, 21 Juni 2010
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Kehadiran unsur religius dan keagamaan dalam sastra adalah setua keberadaan sastra itu sendiri. Bahkan, sastra tumbuh dari sesuatu yang bersifat religius. Pada awal mula semua sastra adalah religius (Mangun Wijaya, 1982:11). Istilah “religius“ membawa konotasi pada makna agama. Religius dan agama memang erat berkaitan, berdampingan, bahkan dapat melebur dalam satu kesatuan, namun sebenarnya keduanya menyaran pada makna yang berbeda.Roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karangan Hamka, tampaknya merupakan karya fiksi Indonesia modern yang mulai memasukkan unsur keagamaan (Islam) dalam sastra. Namun, agama di sana adalah agama sebagai keyakinan penuh para tokoh cerita, bukan keyakinan (syariat) agama yang dipermasalahkan. Dengan kata lain, unsur agama itu sendiri tidak begitu berpengaruh pada konflik cerita. Konflik ceritanya sendiri masih berkisah pada adanya ketidakbebasan memilih jodoh, ada pihak yang memaksakan kehendak kepada pihak lain yang menyebabkan pihak itu menderita. Para penganut agama Islam pun ternyata masih terkecoh atau lebih melihat sesuatu yang bersifat lahiriah.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Biografi Pengarang
HAMKA adalah singkatan dari Haji Abdul
Malik Karim Amrullah. Beliau lahir di Molek, Meninjau, Sumatra Barat, Indonesia
pada tanggal 17 Februari 1908. Ayah beliau bernama Syeh Abdul Karim bin
Amrullah (Haji Rasul).
Ketika Hamka berumur 10 tahun ayahnya
membangun Thawalib Sumatra di Padang Panjang. Di sana Hamka belajar tentang
ilmu agama dan bahasa Arab. Di samping belajar ilmu agama pada ayahnya, Hamka
juga belajar pada beberapa ahli Islam yang terkenal seperti: Syeh Ibrahim Musa,
Syeh Ahmad Rasyid, Sutan Mansyur dan Ki Bagus Hadikusumo.
Pada tahun 1927 Hamka menjadi guru agama di Perkebunan Tinggi Medan dan Padang Panjang tahun 1929. tahun 1957-1958 Hamka sebagai dosen di Universitas Islam Jakarta dan Universitas Muhamadiyah Padang Panjang.
Pada tahun 1927 Hamka menjadi guru agama di Perkebunan Tinggi Medan dan Padang Panjang tahun 1929. tahun 1957-1958 Hamka sebagai dosen di Universitas Islam Jakarta dan Universitas Muhamadiyah Padang Panjang.
Hamka tertarik pada beberapa ilmu
pengetahuan seperti: sastra, sejarah, sosiologi, dan politik. Pada tahun 1928
Hamka menjadi ketua Muhammadiyah di Padang Panjang. Tahun 1929 beliau membangun
“Pusat Latihan Pendakwah Muhammadiyah” dua tahun kemudian menjadi ketua
Muhammadiyah di Sumatra Barat dan Pada 26 juli 1957 beliau menjadi ketua
Majelis Ulama Indonesia.
Hamka sudah menulis beberapa buku
seperti: Tafsir Al-Azhar (5 jilid) dan novel seperti; Tenggelamnya Kapal Van
Der Wijck, Di bawah Lindungan Ka’bah, Merantau Ke Deli, Di dalam Lembah
Kehidupan dan sebagainya. Hamka memperoleh Doctor Honoris Causa dari
Universitas Al- Azhar (1958), Doctor Causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia
(1974) dan pada 24 juli 1981 Hamka meninggal dunia.
2.2. Sinopsis
Roman ini menceritakan tentang kisah
cinta yang tidak sampai karena terhalang oleh adat yang sangat kuat. Zainudin
adalah seorang pemuda dari perkawinan campuran Minangkabau dan Makasar, ayahnya
Zainudin yang berdarah Minangkabau mengalami masa pembuangan ke Makasar dan
kawin dengan Ibu Zainudin yang berdarah asli Makasar, mempunyai seorang kekasih
asal Batipun bernama Hayati, namun hubungan mereka harus berakhir karena adat,
karena berdasarkan sebuah rapat, ibu Zainudin tidak dianggap sebagai manusia
penuh.
Akhirnya Hayati menikah dengan seorang
pemuda bangsawan asli Minangkabau bernama Azis. Mendengar pernikahan itu
Zainudin jatuh sakit, akan tetapi berkat dorongan semangat dari Muluk
sahabatnya yang paling setia, kondisi Zainudin berangsur-angsur membaik dan
pada akhirnya Zainudin menjadi seorang pengarang yang sangat terkenal dan
tinggal di Surabaya. Di Surabaya inilah Zainudin bertemu dengan Hayati yang
diantar oleh suaminya sendiri Azis, untuk dititipkan kepadanya, kemudian Azis
mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.
Rasa cinta Zainudin pada Hayati
sebenarnya masih membara, akan tetapi mengingat Hayati itu sudah bersuami, cinta
yang masih menyala itu berusaha untuk dipadamkan, kemudian Hayati dibiayai
untuk pulang ke Batipun.
Tetapi nasib malang menimpa Hayati,
dalam perjalanan pulang ke Batipun itu, kapal Van Der Wijck yang ditumpanginya
tenggelam. Hayati meninggal dunia di rumah sakit di Cirebon.
Di saat-saat akhir hayatnya, Hayati
masih sempat mendengar dan melihat bahwa sebenarnya Zainudin masih sangat
mencintainya, namun semua itu sudah terlambat. Tidak berselang lama, Zainudin
menyusul Hayati ke alam baka, dan jenazah Zainudin dimakamkan persis di samping
makan mantan kekasihnya, Hayati.
2.3. Aspek keislaman dalam roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Apabila kita membaca karya-karya Hamka,
termasuk dalam roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, aspek-aspek keislaman dan
dakwah keislaman dapat kita rasakan. Dalam roman tersebut, dakwah keislaman itu
terasa dari penokohan yang dilakukan pengarang. Sebagai contoh, ada pernyataan
dalam roman tersebut bahwa tokoh Zainuddin, setelah berpisah dengan Hayati,
berniat dan bercita-cita untuk memperdalam ilmu dunia dan akhirat supaya kelak
menjadi seorang yang berguna. Angan-angan Zainuddin adalah menjadi orang alim,
jadi ulama, sehingga apabila kembali ke kampungnya dapat membawa ilmu.
Zainuddin sendiri adalah turunan dari ayah dan ibu ahli ibadat.
Apa yang dilakukan Hamka dalam
penokohan di atas, menurut saya adalah salah satu cara dakwah yang
dilakukannya, suatu upaya untuk menunjukkan kepada pembaca bahwa betapa mulia
orang yang berilmu dan ahli ibadat. Dakwah yang dilakukannya itu sangat halus.
Adapun aspek-aspek religius itu yakni, Aqidah, Syriah, dan
Akhlak. Adapun penjelasan mengenai aspek-aspek tersebut sebagai berikut:
1.
Aqidah
Dalam
roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka aqidah atau kepercayaannya
sangat kental dengan budaya islami untuk lebih jelasnya penulis memaparkan
penggalan ceritanya sebagai berikut :
“…………..Lepaskan
saya berangkat ke Padang. Kabarnya konon, di sana hari ini telah ada sekolah
agama. Pelajaran akhirat telah diatur dengan sebagus-bagusnya. Apalagi, puncak
Singgalang dan Merapi sangat keras seruannya kepadaku rasanya. Saya hendak
melihat tanah asalku, tanah tempat ayahku dilahirkan dahulunya. Mak Base banyak
orang memuji daerah Padang, banyak orang yang bilang agama islam masuk kemari
pun dari sana. Lepaskan saya berangkat ke sana”. (1986 : 22).
2.
Syari’ah
Kata syari’ah adalah bahasa Arab yang diambil dari rumpun kata syri’ah. Dalam bahasa Indonesia artinya jalan-raya. Kemudian bermakna jalannya hukum, dengan kata lain perundang-undangan. Karena itu pula dengan perkataan atau istilah “Syri’ah Islam” memberi arti hidup yang harus dilalui atau perundang-undangan yang harus dipatuhi oleh seorang Islam. Hukum Tuhan itu adalah Syari’ah itu mengandung kebenaran mutlak, artinya tidak ada kelemahan dan pertentangan dalam dirinya sendiri.
3.
Akhlak
Akhlak
Islam adalah suatu sikap mental dan laku perbuatan yang luhur. Dalam roman
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka, penulis menemukan berbagai akhlak
yang sangat mulia terutama dari sang pemeran utama yakni tokoh Zainuddin.
Kebaikan moral Zainuddin bisa kita lihat pada penggalan cerita berikut ini:
“Zainuddin seorang yang terdidik lemah lembut, didikan ahli seni, ahli syair, yang lebih suka mengalah untuk kepentingan orang lain” (1986 :27).
“Zainuddin seorang yang terdidik lemah lembut, didikan ahli seni, ahli syair, yang lebih suka mengalah untuk kepentingan orang lain” (1986 :27).
2.4. Analisis Struktur Roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka
Analisis struktural karya sastra, yang dalam hal ini fiksi, dapat dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, dan mendiskripsikan fungsi dan hubungan antar unsur intrinsik fiksi yang bersangkutan.
Analisis strukturalnya sebagai berikut:
1.
Tema
Dalam
roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka ini tentang kasih tak
sampai. Sangat kental dengan budaya Minang yang sangat patuh akan peraturan
adat.
Adapula
penggalan ceritanya:
“…….apa
yang dikerjakannya, padahal cinta adalah sebagai kemudi dari bahtera kehidupan.
Sekarang kemudi itu dicabut, kemana dia hendak berlabuh, teroleng terhempas
kian kemari, daratan tak nampak, pulau kelihatan. Demikianlah nasib anak muda
yang maksudnya tiada sampai (1986:123).
2.
Alur/plot
Dalam
roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka menggunakan alur maju
mundur, karena menceritakan hal-hal yang sudah lampau atau masa lalu dan
kembali lagi membahas hal yang nyata atau kembali ke cerita baru dan berlanjut.
Ada lima tingkatan alur yakni :
• Penyituasian
Tahap
penyituasian, tahap yang terutama berisi pelukisan dan pengenalan situasi latar
dan tokoh-tokoh cerita. Tahap ini merupakan tahap pembukaan cerita, memberikan
informasi awal dan lain-lain.
Berikut
ini merupakan tahap awal dari roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya
Hamka yang berkaitan dengan tahap penyituasaian.
“Di tepi pantai, di antara kampong Bara dan kampung Mariso berdiri sebuah rumah bentuk Makasar, yang salah satu jendelanya menghadap ke laut. Di sanalah seorang anak muda yang berusia kira-kira 19 tahun duduk termenung seorang diri menghadapkan mukanya ke laut. Meskipun matanya terpentang lebar, meskipun begitu asyik dia memperhatikan keindahan alam di lautan Makasar, rupanya pikiranya telah melayang jauh sekali, ke balik yang tak tampak di mata, dari lautan dunia pindah ke lautan khayal (1986:10).
“Di tepi pantai, di antara kampong Bara dan kampung Mariso berdiri sebuah rumah bentuk Makasar, yang salah satu jendelanya menghadap ke laut. Di sanalah seorang anak muda yang berusia kira-kira 19 tahun duduk termenung seorang diri menghadapkan mukanya ke laut. Meskipun matanya terpentang lebar, meskipun begitu asyik dia memperhatikan keindahan alam di lautan Makasar, rupanya pikiranya telah melayang jauh sekali, ke balik yang tak tampak di mata, dari lautan dunia pindah ke lautan khayal (1986:10).
• Konflik
Tahap
pemunculan konflik, masalah-masalah dan peristiwa-peristiwa yang menyulut
terjadinya konflik mulai dimunculkan. Jadi tahap ini merupakan tahap awal
munculnya konflik, dan konflik itu sendiri akan berkembang dan atau
dikembangkan menjadi konflik, dan konflik itu sendiri akan berkembang dan atau
dikembangkan menjadi konflik-konflik pada tahap berikutnya.
Kejadian
dan konflik yang dialami tokoh Hayati dan Zainuddin dalam roman Tenggelamnya
Kapal Van Der Wijck karya Hamka bisa dilihat dari penggalan cerita berikut ini:
“Sesungguhnya
persahabatan yang rapat dan jujur diantara kedua orang muda itu, kian lama kian
tersiarkan dalam dudun kecil itu. Di dusen belumlah orang dapat memendang
kejadian ini dengan penyelidikan yang seksama dan adil. Orang belum kenal
percintaan suci yang terdengar sekarang, yang pindah dari mulut ke mulut, ialah
bahwa Hayati, kemenakan Dt……..telah ber “intaian” bermain mata, berkirim-kirim
surat dengan anak orang Makasar itu. Gunjing, bisik dan desus perkataan yang
tak berujung pangkal, pun ratalah dan pindah dari satu mulut ke mulut yang
lain, jadi pembicaran dalam kalangan anak muda-muda yang duduk di pelatar lepau
petang hari. Hingga akhirnya telah menjadi rahasia umum.
Orang-orang
perempuan berbisik-bisik di pancuran tempat mandi, kelak bila kelihatan Hayati
mandi di sana, mereka pun berbisik dan mendaham, sambil melihat kepadanya
dengan sudut mata.Anak-anak muda yang masih belum kawin dalam kampung sangat
naik darah.Bagi mereka adalah perbuatan demikian merendahkan derajat mereka
seakan -akan kampung tak berpenjaga.yang terutama sekali yang dihinakan orang
adalah persukuan Hayati, terutama mamaknya sendiri Dt…yang dikatakan buta saja
matanya melihat kemenakannya membuat malu, melangkahi kepala ninik –mamak.
(1986:57)
• Tahap Peningkatan Konflik
Konflik
yang telah dimunculkan pada tahap sebelumnya semakin berkembang dan
dikembangkan kadar intensitasnya. Tahap peningkatan konflik dalam roman
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka terjadi ketika Zainuddin dan Aziz
sama-sama mengirimkan surat kepada orang tua Hayati, dari lamaran kedua pemuda
itu, ternyata lamaran Aziz yang diterima karena orang tua Hayati mengetahui
latar belakang pemuda yang kaya raya itu, sedangkan lamaran Zainudin ditolak
karena orang tua Hayati tidak ingin anaknya bersuamikan orang miskin. Hal ini
bisa terlihat dari penggalan cerita berikut ini:
”Kalam dia tertolak lantaran dia tidak ber-uang maka ada tersedia uang Rp.3000,- yang dapat dipergunakan untuk menghadapi gelombang kehidupan sebagai seorang mahluk yang tawakkal.” (1986:118)
• Klimaks
Klimaks
sebuah cerita akan dialami oleh tokoh (tokoh utama) yang berperan sebagai pelaku
dan penderita terjadinya konflik utama. Dalam Roman Tenggelamnya Kapal Van Der
Wijck karya Hamka, tahap klimaks terjadi ketika Aziz meminta supaya Zainuddin
menikahi Hayati. Sekalipun dalam hati Zainuddin masih mencintai Hayati,
Zainuddin menolak permintaan Aziz. Bahkan Zainuddin memulamgkan Hayati ke
kampung halamannya dengan menggunakan Kapal Van Der Wijck. Hal ini bisa dilihat
pada pernyataan berikut:
“Bila terjadi akan itu, terus dia berkata: “Tidak Hayati ! kau mesti pulang kembali ke Padang! Biarkan saya dalam keadaan begini. Pulanglah ke Minangkabau! Janganlah hendak ditumpang hidup saya , orang tak tentu asal ….Negeri Minangkabau beradat !.....Besok hari senin, ada Kapal berangkat dari Surabaya ke Tanjung Periuk, akan terus ke Padang! Kau boleh menumpang dengan kapal itu, ke kampungmu”. (1986:198)
“Bila terjadi akan itu, terus dia berkata: “Tidak Hayati ! kau mesti pulang kembali ke Padang! Biarkan saya dalam keadaan begini. Pulanglah ke Minangkabau! Janganlah hendak ditumpang hidup saya , orang tak tentu asal ….Negeri Minangkabau beradat !.....Besok hari senin, ada Kapal berangkat dari Surabaya ke Tanjung Periuk, akan terus ke Padang! Kau boleh menumpang dengan kapal itu, ke kampungmu”. (1986:198)
• Penyelesaian
Tahap
penyelasaian dalam Roman Tenggelamya Kapal Van Der Wijck karya Hamka ketika
Zainuddin mendapat kabar bahwa Kapal yang ditumpangi Hayati tenggelam,
sedangkan Hayati dirawat di Rumah Sakit Tuban. Dengan diterima Muluk sahabatnya
Zainuddin menengok wanita yang sangat dicintainya itu. Rupanya pertemuan mereka
itu adalah pertemuan yang terakhir karena Hayati menghembuskan nafasnya yang
terakhir dalam pelukan Zainuddin. Kejadian itu membuat Zainuddin merasakan
penyesalan yang berkepanjangan hingga Zainuddin jatuh sakit dan meninggal
dunia. Zainuddin dimakamkan di sebelah makam Hayati.
3.
Setting/latar
Latar
dalam roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka berlatar di daerah Minangkabau
dan Makasar.
4.
Sudut Pandang
Pada
roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka menggunakan sudut pandang
orang ketiga tunggal karena menyebutkan dan menceritakan secara langsung
karakter pelakunya secara gamblang. Penggalan cerita pada roman Tenggelamnya
Kapal Van Der Wijck karya Hamka sebagai berikut :
“Mula-mula datang, sangatlah gembira hati Zainuddin telah sampai ke negeri yang selama ini jadi kenang-kenagannya.”(1986 :26)
5.
Karakter
Pada
roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka terdapat beberapa karakter
di antaranya:
Karakter
utama (mayor karakter, protagonis) adalah tokoh yang diutamakan penceritaannya
dalam novel yang bersangkutan. Ia merupakan tokoh yang palaing banyak
diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian. Tokoh
karakter utama yang ada dalam roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya
Hamka adalah tokoh Zainuddin, yang memiliki sopan santun dan kebaikan pada
semua orang. Sedangkan yang lainnya yang menjadi tokoh protagonisnya adalah
tokoh Hayati yang menjadi kekasih Zainuddin.
Penggalan cerita yang menunjukkan Zainuddin adalah karakter yang baik adalah:
Penggalan cerita yang menunjukkan Zainuddin adalah karakter yang baik adalah:
“Zainuddin seorang yang terdidik lemah lembut, didikan ahli seni, ahli sya’ir, yang lebih suka mengalah untuk kepentingan orang lain”. (1986 : 27)
Karakter
pendukung (minor karakter, antagonis) sosok tokoh antagonis dalam roman
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka adalah tokoh Aziz, karena tokoh
Aziz di sini mempunyai sikap yang kasar dan sering menyakiti istrinya, dan
tidak mempunyai tanggung jawab dalam keluarga dan selalu berbuat kejahatan
karena sering main judi dan main perempuan.
“…..ketika
akan meninggalakan rumah itu masih sempat juga Aziz menikamkan kata-kata yang
tajam ke sudut hati Hayati…..sial”. (181:1986)
Sedangkan yang menjadi karakter pelengkap adalah Muluk dan Mak Base karena keduanya adalah sosok yang bijak dan selalu berada di samping tokoh utama untuk memberi nasehat dan sangat setia menemani tokoh utama sampai akhir cerita.
Sedangkan yang menjadi karakter pelengkap adalah Muluk dan Mak Base karena keduanya adalah sosok yang bijak dan selalu berada di samping tokoh utama untuk memberi nasehat dan sangat setia menemani tokoh utama sampai akhir cerita.
6.
Gaya Bahasa
Dalam
roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka menggunakan kalimat yang
sangat kompleks karena menggunakan bahasa melayu yang baku. Seperti dalam
penggalan cerita berikut ini:
“Lepaskan
Mak, jangan bermenung juga,” bagaimana Mamak tidak akan bermenung, bagaimana
hati mamak tidak akan berat………..” (1986 :22)
7.
Amanat
Dalam
roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka mengandung nilai moral yang
tinggi ini terlihat dari para tokoh yang ada seperti Zainuddin. Hal tersebut
bisa kita lihat dari panggilan cerita berikut ini :
“Demikian
penghabisan kehidupan orang besar itu. Seorang di antara Pembina yang
menegakkan batu pertama dari kemuliaan bangsanya; yang hidup didesak dan
dilamun oleh cinta. Dan sampai matipun dalam penuh cinta. Tetapi sungguhpun dia
meninggal namun riwayat tanah air tidaklah akan dapat melupakan namanya dan
tidaklah akan sanggup menghilangkan jasanya. Karena demikian nasib tiap-tiap
orang yang bercita-cita tinggi kesenangannya buat orang lain. Buat dirinya
sendiri tidak”. (1986:223)
BAB III
PENUTUP
3.1 SIMPULAN
Roman Tenggelamnya
kapal Vander Wijck adalah karya fiksi yang unsur instrinsiknya sebagai berikut.
1. Temanya adalah
kasih tak sampai
2. Tokoh utamanya
adalah Zainuddin dan Hayati serta ditunjang oleh beberapa tokoh tambahan
lainnya sebagai penunjang tokoh utama.
3. Sudut pandang
yang digunakan adalah sudut pandang pesona ketiga ”dia”.
3.2 SARAN-SARAN
Marilah kita senantiasa buntuk membaca
dan menelaah apa yang ada disekitar kita untuk mempertajam fikiran dalam rangka
terbentuknya insal kamil, salah satu caranya adalah dengan menelaah karya
sastra yang sarat akan nilai kemanusiaan dan kehidupan (masalah humanitas).
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,Suharsimi.1997.
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, edisi
Revisi IV. Penerbit
PT. Rineka Cipta.
Atar, Simi. 1993.
Metode Penelitian sebuah Pengantar. Jakarta: Pusat
Pengembangan Bahasa Depdikbud.
Drs.Nasruddin Razak. Dienul Islam.
Hamka,1986. Tenggelamny Kapal Van Der Wijck. Jakarta: PT Bulan Bintang.
Drs.Nasruddin Razak. Dienul Islam.
Hamka,1986. Tenggelamny Kapal Van Der Wijck. Jakarta: PT Bulan Bintang.
Kam. Kamus Besar
Bahasa Indonesia/Tim Penyusun Kamus Pusat
Bahasa,ed.3.-cet.2.- Jakarta: Balai Pustaka.2002.
Muhammad AM. 2000.Jenis-Jenis Penelitian. Unpublished. Articele.
Moleong, L,J. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Kosdakarya. Bandung.
Muhammad AM. 2000.Jenis-Jenis Penelitian. Unpublished. Articele.
Moleong, L,J. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Kosdakarya. Bandung.
Nurgiantoro, Burhan.2009.Teori
Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada Univrersity
Press.
Sumardjono Jakop
& Saini, KM. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta; PT.
Grammedia.
Tarigan,Hendri
Guntur.1986. Prinsip Dasar-Dasr Sastra. Bandung; PT Angkasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar